WhatsApp Rilis Fitur View Once, ini Cara Pakainya

fitur View Once

topmetro.news – Setelah melewati masa uji coba beta, WhatsApp akhirnya resmi merilis fitur View Once untuk pengguna. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirim foto atau video yang akan langsung terhapus secara otomatis begitu terlihat oleh penerima.

Sebelumnya, CEO Facebook Mark Zuckerberg sudah mengonfirmasi bahwa fitur ini akan segera hadir. Tapi ia tidak memberikan rincian tentang peluncurannya. Menurut situs WABetaInfo, fitur ini sudah menjalani uji coba beta selama sekitar satu bulan.

Dalam blognya, WhatsApp mengatakan fitur ini akan memberikan pengguna lebih banyak kendali terhadap privasinya. Fitur View Once juga, katanya, akan berguna untuk banyak hal. Misalnya saat mengirimkan foto yang berisi password Wi-Fi kepada teman.

WhatsApp juga menjelaskan bahwa foto atau video yang dikirimkan lewat fitur View Once akan dilindungi oleh enkripsi end-to-end, sehingga tidak bisa diintip oleh siapa pun. Setelah foto atau video terlihat, akan ada pesan ‘opened’ di chat agar pengguna tidak kebingungan.

BACA JUGA | Begini Tips Membuat Tulisan Berwarna di WhatsApp

Ketentuan Fitur

Dalam FAQ tentang fitur View Once, WhatsApp juga menjabarkan ketentuan tentang fitur baru ini yaitu:

  • Media tidak akan tersimpan di Gallery atau Photos di ponsel penerima
  • Begitu pengguna mengirimkan foto atau video lewat View Once mereka tidak akan bisa melihatnya lagi
  • Foto atau video yang dikirim atau diterima lewat fitur View Once tidak bisa diteruskan, disimpan, ditandai atau dibagikan
  • Pengguna hanya bisa melihat penerima telah membuka atau video jika mereka mengaktifkan read receipts
  • Jika foto atau video tidak terbuka dalam waktu 14 hari setelah terkirim, media akan kedaluwarsa di chat
  • Pengguna harus selalu mengaktifkan View Once jika ingin mengirim foto atau video yang hanya bisa terlihat sekali
  • Media View Once bisa dipulihkan dari backup jika pesan belum dibuka saat backup dilakukan. Jika foto atau video sudah terbuka, media tersebut tidak akan disertakan dalam backup dan tidak bisa dipulihkan.

WhatsApp juga memperingatkan pengguna agar mengirimkan foto atau video lewat View Once ke penerima yang bisa terpercaya. Pasalnya penerima media tetap bisa mengambil screenshot sebelum konten menghilang dan pengirim tidak akan mendapatkan notifikasi jika ada yang mengambil screenshot atau merekam layar.

Penerima pesan juga bisa mengambil foto atau video dari media yang dikirimkan lewat kamera atau perangkat lainnya sebelum media itu menghilang.

Cara Pakai

Lantas bagaimana cara menggunakan fitur View Once di WhatsApp? Caranya sebenarnya mirip seperti cara mengirimkan foto atau video seperti biasa, tapi ada satu langkah ekstra.

Cara pakai fitur View Once di WhatsApp:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di Android atau iOS, lalu pilih chat yang ingin dikirimi foto atau video
  2. Tap ikon kamera yang ada di kolom chat lalu pilih foto atau video yang hendak dikirimkan
  3. Setelah itu tap ikon View Once yang berupa lingkaran dengan angka 1 di dalamnya yang ada di kolom ‘Add a caption’
  4. Kirim foto atau video yang sudah terpilih seperti biasa

sumber | detikInet

Related posts

Leave a Comment